[Trip] 1Aug 2014- Ayuthaya

Duhh,,topik ini  belon beres aje. Maapkeun yaahh, secara penyalur foto aka suami lagi cibuk  berats. Walhasil foto baru didapet kemaren,,iyee,,doski bela-belain lembur memenuhi keinginan estrinya yang manja ini hehe *tiyumtiyumpaksuami*

Lanjootttt…

Untuk hari ketiga, kami yang awalnya mau ngelanjutin jalan diseputaran museum dan kuil di Bangkok akhirnya malah putar haluan ke Ayuthaya.

Dari browsing sekilas sih nampaknya tempatnya semodel Malaka, dengan reruntuhan kuil-kuil jaman baheula. Intina mah, cucok lah yah dengan jiwa old soul si sayah. Hihi.

Untuk menuju kesana, kami harus naek kereta api dari stasiun Hua Lampong. Cihuy deh, jadi bisa ngerasain beragam moda transportasi. Meski ga jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, tapi tetep aja ada sensasi tersendiri ya.

Stasiun Hua Lampong sendiri cukup  luas dan bersih. Ada 12 platform yang melayani beragam jurusan. Banyak turis asing berseliweran. Kami  bahkan sempat melihat satu keluarga turis bule dengan dua orang anaknya yang tampaknya hendak ke Chiangmai. Anak-anaknya umurnya sekitar 10 tahun-an gitu. Ihh, suami langsung kepengen ngajak anak kami back packer-an juga deh. Aamiin *yang kenceng*.

Stasiun Hua Lampong

Stasiun Hua Lampong

Harga tiketnya sendiri cuma THB 20,,,muraaah!!! Bahkan lebih murah dari harga tiket BTS. Tiketnya sendiri bebas tempat duduk, tapi kalo ada penumpang yang punya tiket bernomor kursi..kepaksa terusir deh. Kami sempat ngalamin ini dan bingung. Petugas di peron ga ngasi info dan nawarin jenis tiket yang tersedia lainnya. Walhasil di tengah-tengah perjalanan, terusir dan pindah nyari kursi lain deh hehe.

Perjalanan didalam kota Bangkok sendiri agak tersendat, berenti mulu. Belakangan kami sadar (nebak sih tepatnya), kayaknya itu karena ngelewati persimpangan. Jadi sistemnya buka tutup, alias kadang kereta berhenti dulu nunggu lajur lalu lintas bisa disetop. Entah, sotoy aja sih ini mah. Selepas Bangkok, kereta majuu terus, lumayan cepet dan hanya berhenti di beberapa stasiun aja sampai akhirnya tiba di Ayuthaya.Total cuma 2,5 jam saja.

Lokasi tempat wisata-nya sendiri berpencar dan ga bisa dijangkau dengan jalan kaki. Gemporr yang ada sih. Begitu turun dari kereta, dah banyak bapak-bapk yang nawarin tour pake tuk-tuk. NAwarinnya ga kira-kira cobaak, THB 800. Lahh, kita mah kere, ga mau dan ga mampu bayar. Mereka masih keukeuh ngikutin kita dan nurunin harga, tapi tetep aja kita mah ogah *teguh pendirian..apeuu sikk*. Nyebrang stasiun, bisa ditemukan tempat penyewaan motor dan sepeda. Sewa motor untuk satu hari (kurleb 8 jam) adalah THB 200. Dah nawar kalo kita mau half day aja, tapi hargatetep sama. Padahalll..jalan sonoan dikit ada yang nyewain motor THB 150 aja. ihh..kezelll *jiwaemakiritogahrugi*. Buat sewa motor, tinggal kasi paspor yang kemudian akan difotokopi oleh mereka. Terus, baliknya kudu menuhin lagi isi bensi motornya. Simple yah?

 

Stasiun Ayuthaya

Stasiun Ayuthaya

Sewa motor -sepeda

Sewa motor -sepeda

Cuss,,kami berangkat berbekal peta dan buku panduan perjalanan.Siang itu Ayuthaya puanas banget,,,matahari berasa ada 9 deh *lebay*. Sepanjang jalan, terlihat beberapa reruntuhan temple dari sisi jalan. Kerasa bedanya lah ama yang di Bangkok karena yang disini ya tinggal sisa-sisa bangunan aja.

Yang pertama kami datangi adalah Phra Mongkhon Bophit *lidah belibet*. Haratis masuk kesini. Ketauan lah ya siapa yang ngajakin kesini, padahal dari segi bangunan sih ga beda ama temple yang udah diliat di Bangkok. Maka kami ga banyak foto disini, mana panasnya ajegile mambo pulak.

IMG_2685er (2)

Kami langsung cabut aja ke Wat Phra Si Sanphet *lidah keriting* yang bersebelahan lokasinya. Harga tiket masuk THB 50. Yang terkenal dari tempat ini adalah 3 stupanya.

IMG_2706er

ngantuk ceuu? *gemes ama mata merem*

IMG_2710erwat

IMG_2736er

 

Dari Wat Phra Si Sanphet *mulai frustasi lidahnya*, kami mampir di Wat Phra Ram buat foto-foto. Dari luar aja sih, secara ini keliatan dari luar pagar. Ogah ah bayar tiket lagi *estrimedit*.

IMG_2751er (2)

IMG_2760er


Dan kemudian kami ke lokasi tersyohor. Wat Mahathat yang terkenal dengan patung kepala Budha yang terlilit akar pohon.Pengunjung tidak diperkenankan berdiri lebih tinggi dari patung tersebut jika akan berfoto. Saya tertarik kesini karena sepintas mirip dengan Angkor Wat, salah satu tempat yang ingin saya kunjungi kelak. Bentuk bangunan disini juga mirip dengan Angkor Wat. IMG_2785er IMG_2788er IMG_2778er

IMG_2797er (2)IMG_2807er IMG_2806er

 

 

Dibanding Bangkok, bangunannya emang ga megah, tapi yang ini asli dan terasa “keramat” alias warisan leluhur gituh. Kami agak sedikit kesulitan pas mau makan aja sih, secara tampilannya terlihat daging-dagingan. Surprisingly, penjual makanan halal lumayan banyak kami temukan saat berjalan menuju Phra Mongkhon Bophit, tapi berupa cemilan semacam rempeyek (iyaa, kami beli rempeyek kacang manis hihi) dan rambut nenek. Kan ga nampol yah? Walhasil kami mengais-ngais sisa bekal, wafer yang saya ga terlalu suka pun akhirnya dimakan. Laperrr!! Tapi alhamdulillah, puas banget.  Jam 2-an kami udah balik lagi dan nunggu kereta yang datang sejam kemudian.

Sampe Bangkok, ujan ajee. Lhaa…padahal tadi kepanasan loh. Sampe hotel jam 6 sore, kami putuskan untuk diem aja didalam kamar hotel buat packing dan siap-siap pulang keesokan harinya.

Advertisements

4 thoughts on “[Trip] 1Aug 2014- Ayuthaya

  1. fanny fristhika nila

    wuih wisata wat to wat nih :D.. Aku ampe mabok wisata kuil ke kuil pas di chiang mai -__- tiap bbrp ratus meter ada aja wat.. kalo yg ayuthaya blm prnh sih mba… krn biasanya yg aku cari dari thailand wisata alamnya.. makanya fav ku ttp chiang Rai 😀 Lbh sejuk.. ayuthaya panasnya kyk bangkok di bulan april kali ya… itu matahari bnran 9 mba :D..Ampe sakit plg dari sana

    Reply
    1. NanaBanana Post author

      IHh, Chiang Mai tuh kuincer pas perayaan Loy Krathong. Sayang banget jadwal suami ga cocok hiks hiks. iya, Ayuthaya itu..haduhhhh,,buat tanning aja. berasa banget bedanya ama bangkok yang serba megah sih yaa. SEmoga bisa ke chiang mai ah!! Loy krathong!!!!

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s